Jumat, 27 Oktober 2023

Tugas Bisnis Online

 Kerjakan Soal Berikut Dibuku Tulis

Pilihan Ganda

1. Metode yang dilakukan untuk beriklan dengan menggunakan media internet atau

layanan tertentu yang bertujuan untuk menyampaikan pesan pemasaran (promosi)

disebut…

a. Iklan online

b. Media sosial

c. Blogger

d. Wordpress

e. Mobile Banking

2. Salah satu faktor keberhasilan dalam berjualan suatu produk adalah melakukan…

a. Distribusi

b. Promosi

c. Produksi

d. Konsumen

e. Penetapan harga

3. Situs web pertama yang menjual spot iklan dalam jumlah besar untuk berbagai

perusahaan adalah…

a. Facebook.com

b. Bing.com

c. Hotwired.com

d. Twitter.com

e. Instagram.com

4. Salah satu keunggulan iklan online yang menampilkan iklan tanpa batasan geografis

tertentu, tidak mempedulikan lokasi konsumen adalah keunggulan dalam bidang…

a. Jangkauan

b. Lead time

c. Kualitas paparan

d. Biaya

e. Kebebasan

5. Di bawah ini yang termasuk langkah dalam membuat suatu permintaan dari

konsumen adalah…

a. Memaksa

b. Memeras

c. Berkomunikasi

d. Membujuk

e. Memblokir

6. Salah satu tujuan jangka panjang dalam melakukan promosi online adalah…

a. Membangun kesadaran merk

b. Menjangkau pelanggan baru

c. Membujuk konsumen

d. Membangun loyalitas para konsumen

e. Menginformasikan tentang pabrik pembuatan

7. Di bawah ini merupakan salah satu faktor agar iklan online dapat disukai adalah…

a. Aksesnya lambar

b. Mengandung malware

c. Tidak mengandung unsur produk

d. Menarik perhatian

e. Tidak berwarna

8. Di bawah ini yang bukan termasuk keunggulan iklan online adalah…

a. Kebebasan desain

b. Biaya

c. Kualitas paparan

d. Tidak ada tanggal kadaluarsa

e. Ribet

9. Salah satu cara mengatasi iklan-iklan pop up yang mengganggu ketika membaca

sebuah website adalah dengan menggunakan…

a. Pop up blocker

b. Ad enable

c. Aplikasi mobile

d. Antivirus

e. Anti malware

10. Iklan jenis konten merupakan salah satu jenis iklan online berupa…

a. Iklan visual

b. Iklan media sosial

c. Iklan teks

d. Iklan bergambar

e. Iklan iklanan

11. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan social bookmark adalah…

a. Dapat mendorong naiknya traffic web

b. Mudah digunakan

c. Biaya periklanan murah

d. Dapat bertemu langsung dengan pembeli

e. Dapat melakukan penipuan

12. Di bawah ini yang bukan merupakan relasi dalam dunia bisnis suatu perusahaan

adalah…

a. Relasi dengan rekanan

b. Relasi dengan pesaing

c. Relasi dengan konsumen

d. Relasi dengan pemasok

e. Relasi dengan penyalur

13. Dibawah ini merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan terjadinya

perubahan strategi dalam pemasaran e-commerce yaitu…

a. Daur hidup produk

b. Penawaran konsumen

c. Permintaan konsumen

d. Kebutuhan konsumen

e. Keinginan konsumen

14. Dari kelima pilihan jawaban ini manakah yang termasuk ke dalam manfaat ecommerce secara umum..

a. Perluasan basis pelanggan

b. Persempitan jangkauan geografis

c. Pendekatan basis pelanggan

d. Perluasan jangkauan geografis dan perluasan basis pelanggan

e. Persempetan basis pelanggan

15. Salah satu manfaat dari program afiliasi pemasaran adalah…

a. Menyalurkan hobi

b. Mengisi jam kosong

c. Menyalurkan bakat

d. Untuk menghasilkan uang

e. Tidak ada yang benar

16. Dalam menggunakan pemasaran melalui e-comerce, perlu mempertimbangkan

berbagai hal. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah….

a. Kehandalan dan cakupan media online tersebut

b. Tahun berdirinya media tersebut

c. Pemegang saham media online tersebut

d. Orang yang bertanggung jawab

e. Orang yang memiliki kemampuan

17. Model pembayaran iklan yang membayar ketika ada pengunjung yang mengklik iklan

tersebut disebut…

a. Pay per sale

b. Pay per click

c. Pay per lead

d. Pay per play

e. Pay per action

18. Proses yang melibatkan penjualan dan pembelian sebuah produk, jasa dan informasi

yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer

merupakan pengertian dari…

a. Facebook

b. Iklan online

c. Pemasaran online

d. E-commerce

e. Ad Network

19. Usaha yang dilakukan oleh seorang pengiklan untuk mendapatkan pendapatan dari

penjualan online biasa disebut…

a. Ad network

b. Afiliasi pemasaran

c. Adsense

d. Ads

e. Ad blocker

20. Salah satu website yang menyediakan program afiliasi pemasaran adalah…

a. Facebook.com

b. Google.com

c. Amazon.com

d. Gmail.com

e. Blogger.com

21. Berbicara mengenai bisnis online maka kita akan sering membicarakan...

a. Sebuah bisnis yang menggunakan cara baru yaitu melalui sebuah perantara

jaringan computer

b. Sebuah bisnis yang dimlakukan untuk mencari jodoh

c. Sebuah bisnis yang memerlukan biaya ekstra

d. Sebuah bisnis yang jarang terjadi penipuan

e. Sebuah bisnis yang menjual kendaraan

22. Salah sau web yang menyediakan iklan gratis untuk kebutuhan pemasaran dan

bisnis online adalah...

a. Bukalapak

b. Wix.com

c. Blogger.com

d. Wordpress.org

e. ilmusekolahan.com

23. Salah satu program afiliasi yang dapat menghasilkan uang dengan cara mengajak

atau merekomendasikan orang lain untuk mengisi formulir atau bergabung menjadi

anggota sebuah website disebut…

a. Pay per click

b. Pay per download

c. Pay per lead

d. Pay per sale

e. Pay to win

24. Popularitas took dan produk merupakan salah satu bagian penting untuk

menciptakan…

a. Strenght company

b. Weakness company

c. Branding awareness

d. Awareness rank

e. Branding company

25. Teknik pemasaran dengan menggunakan media internet dan surat elektronik (Email) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran untuk menarik pelanggan

disebut…

a. Pemasaran offline

b. Email marketing

c. Sosial media marketing

d. Pay per click

e. Iklan online

26. Target jangka pendek dari penggunaan Email untuk pemasaran online adalah

a. Konsumen dapat tertarik membaca bahkan membeli produk

b. Konsumen memblokir Email

c. Jumlah konsumen menurun

d. Jumlah konsumen tetap meningkat

e. Tidak ada target

27. Di bawah ini merupakan beberapa strategi yang bisa dilakukan dalam penetapan

harga, kecuali…

a. Menambah hadiah

b. Menegaskan harga

c. Diskon

d. Menurunkan harga serendah-rendahnya

e. Mempercantik harga

28. Salah satu kriteria riset pemasaran adalah…

a. Relevan

b. Tidak disiplin

c. Tidak bertanggung jawab

d. Tidak efisien

e. Tidak objektif

29. Setiap riset pemasaran yang dilakukan harus memberikan nilai tambah lebih besar

dibandingkan biaya yang dikeluarkan merupakan pengertian dari pemasaran yang…

a. Tepat waktu

b. Relevan

c. Efisien

d. Objektif

e. Subjektif

30. Suatu istilah yang menunjukan adanya kemudahan untuk menggunakan suatu alat

tertentu atau objek buatan manusia guna mencapai tujuan tertentu adalah…

a. SEO Friendly

b. Sponsorship

c. Usabillity

d. Meta data

e. RSS advert

31. Pengertian eye-catchy adalah…

a. Penataan yang enak dipandang, menarik perhatian dan mudah diingat

b. Iklan untuk memblokir iklan

c. Bagian isi dari sebuah blog/ website

d. Pelayanan purna jual

e. Mempromosikan produk dalam beberapa permainan

32. Iklan yang ditampilkan merupakan kombinasi antara teks, gambar dan animasi tetapi

tidak interaktif. Kalimat ini merupakan pengertian dari…

a. Iklan TV

b. Iklan baris

c. Iklan link

d. Iklan display

e. Iklan iklanan

33. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi e-comerce

adalah…

a. Permintaan konsumen

b. Penawaran konsumen

c. Daur hidup produk

d. Kebutuhan produksi

e. Tidak ada yang benar

34. Usaha yang dilakukan untuk memperoleh pendapatan antara pengiklan online

dengan pedagang merupakan pengertian dari program…

a. Afiliasi pemasaran

b. Ad Network

c. Adsense

d. Ads

e. Ads Blocker

35. Jenis iklan online dikelompokan menjadi 3, yaitu…

a. Iklan baris, iklan TV, iklan kecil

b. Iklan teks, iklan display, iklan rich media

c. Iklan teks, iklan link, iklan banner

d. Iklan display saja

e. Iklan banner saja

36. Program afiliasi yang memungkinkan untuk mendapatkan pendapatan dari hasil

pembelian seseorang dinamakan..

a. Pay per click

b. Pay per sale

c. Pay per buy

d. Pay per download

e. Pay per pay

37. Pada prinsipnya E-commerce menyediakan infrastruktur bagi perusahaan untuk

melakukan ekspansi proses bisnis internal menuju lingkungan eksternal merupakan

pendapat yang dikemukakan oleh…

a. Amir Hartman

b. Peter Finger

c. Alexander Graham Bell

d. Barack Obama

e. Joko Widodo

38. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1. Tanpa modal investasi

2. Minim resiko kerugian

3. Sangat mudah dijalankan

4. Tidak menyita waktu

Pernyataan di atas merupakan keuntungan dari…

a. Ad network

b. Afiliasi

c. Adsense

d. Media sosial

e. Tidak ada yang benar

39. Di bawah ini merupakan keuntungan iklan online yaitu..

a. Ada tanggal kadaluarsa

b. Tidak bebas

c. Biaya yang dikeluarkan mahal

d. Lead time

e. Jangkauan tidak bebas

40. Di bawah ini merupakan cara strategi pemasaran berdasarkan media, kecuali…

a. Penggunaan video marketing

b. Penggunaan Adsense

c. Surat kabar digital

d. Promosi di media sosial

e. Optimalisasi Google Maps

41. Dalam membuat logo dan moto perusahaan, hal yang harus dipertimbangkan

diantaranya…

a. Logo dan moto dibuat seacara sederhana

b. Logo dan moto dibuat dengan kalimat padat

c. Logo harus berwarna

d. Logo dan moto harus mudah diingat

e. Logo bersifat kompleks

42. Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu. Metode penentuan harga

ini berdasarkan…

a. Pelanggan


b. Bentuk

c. Tempat

d. Fungsi

e. Waktu

43. Menetapkan harga rendah di awal penjualan, namun kemudian nantinya harga jual

dinaikan. Hal ini merupakan strategi dari …

a. Pricing

b. Skimming price policy

c. Penetration pricing policy

d. Introductory price dealing

e. Dumping

44. Fungsi logistik dalam saluran distribusi diantaranya…

a. Menghubungi dan berkomunikasi dengan pelanggan

b. Pengangkutan dan penyortiran

c. Penelitian dan pembiayaan

d. Penentuan lay out gedung

e. Pelayanan dan garansi

45. Saluran distribusi langsung untuk produk konsumen adalah …

a. Produsen distributor bisnis konsumen industry

b. Produsen pengecer konsumen

c. Produsen konsumen

d. Produsen konsumen industry

e. Produsen grosir pengecer konsumen

46. Proses memperkenalkan produk baru kepada pembeli mengenai kemasan, merk,

harga, promosi, distribusi dan sebagainya merupakan tahap…

a. Persiapan

b. Penyaringan gagasan

c. Uji coba

d. Komesialisasi

e. Evaluasi


47. Pada langkah_langkah perencanaan pemasaran kegiatan : pengawasan dan

penilaian serta diagnosis untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan termasuk

dalam tahap …

a. Perencanaan

b. Pengorganisasian

c. Pelaksanaan

d. Action

e. Pengendalian

48. Dalam penentuan misi perusahaan perlu diketahui : Kualitas produk, Teknologi

proses produksi, Kelompok konsumen yang dituju untuk produk tersebut, Kebutuhan

pasar, dan Kombinasi semua komponen tersebut. Lima hal ini disebut …

a. Business domain

b. Business oriented

c. Market oriented

d. Market domain

e. Vision oriented

49. Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan …

a. Survey pasar

b. Segmentasi pasar

c. Pemposisian pasar

d. Menetapkan business domain

e. Melakukan market oriented

50. Kelompok konsumen yang memiliki ciri-ciri dan sifat yang hampir sama yang dipilih

perusahaan dan akan dicapai dengan strategi marketing mix yang berbeda untuk

produk yang dipasarkan disebut …

a. Market oriented

b. Segemnatasi pasar

c. Target pasar

d. Positioning pasar

e. Strategi pasar


Soal Esay

1. Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran?

2. Apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam proses pemasaran? Jelaskan!

3. Apa yang dimaksud dengan program afiliasi pemasaran?

4. Sebutkan keuntungan mengikuti program afiliasi pemasaran?

5. Jelaskan keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan media online sebagai

strategi pemasaran!


Aplod Jawaban Dsini

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScpfZtjBKpAasJ8ZZnyZBx2Fq745OOqnKtN_EWVQXGHGs3Yaw/viewform?usp=sf_link

0 komentar:

Posting Komentar