Minggu, 28 Agustus 2022

A. Mengenal Aplikasi Perkantoran

 A. Mengenal Aplikasi Perkantoran

    Aplikasi perkantoran merupakan kumpulan dari berbagai macam alat yang dapat digunakan untuk mengelola pekerjaan di kantor. Aplikasi kantor yang banyak digunakan seperti Microsoft Office, Libre Office, Open Office, dan lainnya. Aplikasi kantor biasanya terdiri dari aplikasi pengolah kata (word), pengolah angka (excel), dan presentasi (powerpoint). Dalam dunia perkantoran, aplikasi tersebut digunakan untuk memudahkan pegawai dalam mengelola data. 


1. Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang banyak digunakan pada perkantoran. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membuat dan mengolah dokumen. Contohnya, membuat surat, menyusun laporan, dan sebagainya. Aplikasi ini dapat dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, IOS, dan Android.


2. Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka. Fitur utamanya untuk mengelola data angka yang disajikan dalam bentuk lembar kerja yang terdiri atas tabel dua dimensi, yaitu kolom dan baris. Fitur pada aplikasi ini dapat mempermudah perhitungan data serta mengolah data secara statistik dan dapat menampilkannya dalam berbagai macam diagram. Contohnya penyajian data dalam bentuk tabel, bagan, diagram batang, diagram lingkaran, dan sebagainya.


3. Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint dapat memudahkan seseorang untuk membuat slide presentasi. Slide presentasi dapat dengan mudah diselesaikan dan akan menghasilkan tampilan slide yang menarik. Slide presentasi terdiri atas butir-butir penjelasan, dapat disertai dengan gambar atau ilustrasi lainnya. Contoh perangkat lunak membuat presentasi dapat melalui aplikasi program berikut, meliputi Microsoft PowerPoint, OpenOffice Presentation, Google Slide, dan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar