Rabu, 07 April 2021

Pengoprasian Coreldraw

4. Membuat objek garis

Objek yang dapat Anda bentuk menggunakan CorelDRAW tidak lepas dari bentuk garis. Anda dapat membuat garis dengan berbagai tools. Anda dapat menggunakan beberapa tools yang terdapat pada Freehand Tool, yaitu Freehand, 2-Point Line, Bezier, Artistic Media, Pen, B-Spline, Polyline, dan 3-Point Curve.

Cara menggunakan Freehand untuk membuat garis adalah sebagai berikut.

 a. Klik Freehand Tool yang akan Anda gunakan untuk membuat garis.

 


Gambar 5.28 Freehand Tool

b. Arahkan pointer pada drawing area dan lakukan klik.

C. Geser pointer di lokasi berbeda sesuai ukuran garis yang Anda inginkan.

d. Kemudian klik lagi dan perhatikan hasil garis yang sudah dibuat.

e. Apabila menggunakan tool selain Freehand, prosesnya hampir sama dengan uraian di atas.

Selain tool pada Freehand Tool, Anda juga dapat menggunakan alat yang terdapat pada Smart Fill Tool, yaitu Smart Fill dan Smart Drawing.

Cara menggunakan Smart Fill Tool untuk membuat objek sebagai berikut.


* Gambar 5.29 Smart Fill Tool

a. Klik Smart Drawing Tool, buat bentuk sesuai keinginan Anda (misalnya persegi) dengan cara

membuat empat titik yang membentuk sebuah persegi, dan arahkan pointer pada garis keempat

supaya bertemu dengan titik pertama.

b. Selanjutnya, lakukan klik untuk mengakhiri proses tersebut.

5. Membuat bentuk

Membuat bentuk dapat menggunakan Polygon Tool. Kali ini Anda akan membuat segi tujuh dengan cara berikut.

a. Buka program CorelDRAW X6 dan buat dokumen baru dengan ukuran A4.

b. Klik Polygon Tool pada toolbox.

c. Perhatikan property bar, pilih banyaknya segi pada Point or Sides supaya menjadi angka 7. Apabila nilainya di bawah 7, naikkan nilainya, dan juga sebaliknya dengan cara mengklik tanda panah di samping tool. Untuk lebih mudahnya, perhatikan gambar berikut!

Gambar 5.30 Menentukan banyaknya segi

d. Setelah nilainya menjadi 7, arahkan pointer di drawing area.

e. Lakukan klik dan tahan tombol mouse.

f. Arahkan pointer menuju pojok kanan bawah.

g. Perhatikan objek yang terbentuk, lepaskan tombol mouse untuk mengakhiri langkah tersebut.

 


Gambar 51 Contoh gambar saat membuat objek segi lima dari segi tujuh

6. Menyimpan, menutup, membuka, dan mencetak dokumen

Setelah selesai membuat objek atau dokumen baru, simpan berikut buat objek atau dokumen baru, simpanlah dokumen dengan prosedur berikut

a. Klik menu File kemudian pilih Save atau tekan Ctrl+S pada keyboard

b. Tentukan lokasi penyimpanan file.cdr Anda melalui kolom Save In pada kotak dialog Save Save Drawing.

c. Pilih tipe file yang Anda inginkan. Secara default, file Corel disimpan dalam formato

Cara menutup dokumen pada CorelDRAW X6 sama seperti pada program aplikasi lainnya

a Melalui menu bar, klik menu File kemudian pilih Exit.

b. Anda bisa juga melakukannya dengan perintah keyboard dengan menekan tombol Alt+F4

Jika Anda menginginkan membuka file yang sudah disimpan sebelumnya, ikuti langkah berikut. a. Klik menu File kemudian pilih Open atau tekan Ctrl+O pada keyboard

b. Pada kotak dialog Open Drawing, pilih nama file yang ingin Anda buka.

c. Kemudian klik tombol Open.

Prosedur mencetak dokumen pada CorelDRAW X6 hampir sama dengan mencetak dokumen pada aplikasi lain.

a. Klik menu File, pilih Print atau Anda bisa juga menekan tombol shortcut Ctrl+P.

b. Tentukan pilihan cetakan yang Anda inginkan, kemudian klik Print.

7. Pembuatan bentuk dua dimensi

Menggambar vektor dua dimensi penggunaannya termasuk dalam konsep material. Konsep ini akan menjadikan seni desain grafis komputer menjadi lebih terarah dan mudah dilakukan. Grafik yang dapat dijadikan material adalah garis, lingkaran, elips, dan bujur sangkar a. Cara membuat segi empat

1)      Arahkan pointer mouse pada toolbox kemudian klik Rectangle Tool

2)      Arahkan pointer pada drawing page, lalu klik dan drag mouse sehingga membentuk persegi panjang.

 b. Cara membuat elips

1) Arahkan pointer mouse pada toolbox dan klik Ellipse Tool lol

2) Arahkan pointer pada drawing page, lalu klik van drag mouse sehingga membentuk sebuah

elips atau lingkaran

 Elips yang sudah jadi dapat dimodifikasi menjadi pie atau arc dengan mengganti property yang ada pada property bar Ellipse Tool

 


Gambar 5.32 Pengaturan ukuran elips

c. Cara membuat poligon

1) Arahkan pointer mouse pada toolbox talu klik Polygon Tool

2) Arahkan pointer pada drawing page, lalu klik dan drag mouse sehingga membentuk sebuah poligon

 


Gambar 5 33 Cara membuat poligon

Untuk membuat poligon segi lainnya dapat dilakukann dengan cara mengarahkann pointer pada property bar, lalu masukkan angka sudut/node polvgon yang dikehendaki pada Points Or Side misalnya 3 untuk membentuk segitiga lalu tekan enter

 


Gambar 5.34 Pengaturan jumlah wudu poligon

d. Cara membuat spiral

1) Arahkan pointer mouse pada toolbox, lalu klik Spiral Tool

2) Arankan pointer pada drawing page kemudian klik dan drag mouse sehingga membantu

sebuah spiral Untuk membuat spiral lainnya dapat dilakukan dengan cara mengarahkan pointer pada property bar, lalu masukkan nilai spiral revolution yang dikehendaki untuk menentukan jumlah putaran spiral

e. Cara membuat grid

1) Arahkan pointer mouse pada toolbox lalu klik Grid Tool.

2) Arahkan pointer pada drawing page lalu klik dan drag mouse sehingga membentuk sebuah grid Untuk membuat grid lainnya dapat dilakukan dengan cara mengarahkan pointer pada properly bar, lalu masukkan nilai graph paper column and row yang dikehendaki untuk menentukan jumlah kolom dan baris yang ditentukan.

f. Kurva bebas

Kurva bebas atau tidak beraturan adalah grafik vektor yang paling dasar. Dengan kurva bebas Anda dapat mengubah grafik-grafik yang beraturan seperti segi empat, elips, dan poligon menjadi kurva tidak beraturan. Karena sifatnya yang bebas dan tidak beraturan, kurva ini sering dijadikan material alternatif atau material terakhir. Cara membuat kurva ini adalah dengan mengarahkan pointer mouse pada toolbox lalu klik Freehand Tool

Silahkan Untuk Absen :

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSe19Bl0Zr4JrvQ8-b6iPJrhSrxeVWtmAudvyschyixkF5NyCw/viewform?usp=sf_link

0 komentar:

Posting Komentar